Selasa, 24 Oktober 2017

Aplikasi Teorema Pythagoras

Seperti yang sudah dijelaskan pada postingan yang sebelumnya bahwa teorema pythagoras berhubungan dengan segitiga siku-siku. Di bawah ini adalah beberapa aplikasi yang menggunakan teorema pythagoras dalam kehidupan sehari-hari.

Lapangan Baseball

 
Pada sebuah lapangan baseball, terdapat tiga buah base dan sebuah home plate. Jarak antara tiap base dan home plate adalah 90 feet (setara dengan 27.432 m) dan membentuk sudut siku-siku.
Menggunakan teorema pythagoras, kita dapat memecahkan persoalan berikut; "Berapa jauh orang pada base ke dua untuk membuat pelari lawan keluar sebelum dia memasuki home plate?".
Jawab: 
Perhatikan gambar di bawah ini.
Jika c adalah jarak dari base 2 ke home plate maka,
 

Jadi orang pada base 2 harus melempar sejauh 127 feet.

 

Tinggi sebuah gedung
Tangga adalah salah satu peralatan penting bagi ornag-orang yang bekerja di dunia konstruksi. Orang-orang di dunia konstruksi ini menggunakan aplikasi teorema pythagoras untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam dunia kerja mereka. Sebagai contoh:

Tinggi sebuah jendela lantai 2 pada sebuah gedung kira-kira 8 meter. Di depan gedung tersebut ada sebuah taman dengan lebar 6 m. Berapa panjang tangga minimum yang dibutuhkan agar kaki-kaki tangga tidak merusak taman tersebut?
Perhatikan sketsa di bawah ini.   

Jika panjang tangga dianggap sebagai x maka:


Maka panjang tangga minimum adalah 10 m.

Aplikasi yang lain misalnya pada:
1. Menghitung bidang miring.
2. Menghitung diagonal televisi.
3. Dll.


-Selamat belajar, Tuhan memberkati-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar